Our Solution

Audit Energy & Power Quality Analyzer

        Audit merupakan langkah pertama dari penerapan Energy Management System. Pada umumnya, kita baru menyadari buruknya kualitas dan system kelistrikan setelah terjadi masalah dan kerusakan. Oleh sebab itu, suatu system perlu dilakukan audit terlebih dahulu agar kita dapat mengetahui kondisi saat ini dari system yang kita miliki, sehingga dapat membantu kita untuk menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari audit ini adalah sebagai berikut :

  • Membantu dalam menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kelistrikan
  • Membantu melakukan pencegahan penyebaran polusi jaringan listrik
  • Membantu melakukan kebijakan pembebanan listrik
  • Mengurangi resiko terjadinya kerusakan dini peralatan listrik
  • Meningkatkan lifetime peralatan listrik

 

Energy Monitoring System

Energy Management System (EMS) merupakan sebuah system yang dirancang untuk membantu perusahaan agar lebih baik dalam menggunakan aset energinya, untuk mengevaluasi dan memprioritaskan penggunaan teknologi hemat energi, serta untuk mendorong efisiensi pada seluruh rantai suplai.. Lebih jauh, EMS dapat digunakan untuk menyediakan fungsi pengukuran dan pemantauan yang memungkinkan seseorang untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang kegiatan energi di seluruh lokasi mereka. Dalam hal ini, berbagai peralatan yang memakai energi dapat dikumpulkan datanya dan dipantau dalam satu perangkat aplikasi monitoring. Aplikasi EMS ini dapat menghitung secara otomatis semua perhitungan penggunaan energi dan menghasilkan tampilan dalam bentuk grafik sehingga dapat dianalisis hasilnya.

Salah satu acuan dari EMS ini adalah ISO 50001, yaitu standar yang digunakan untuk mengelola kinerja energi termasuk efisiensi dan konsumsi energi, menggunakan model Sistem Manajemen dengan pendekatan siklus Plan, do, check, action untuk perbaikan berkelanjutan.

Harmonic

Harmonik adalah suatu gangguan dalam distribusi tenaga listrik yang disebabkan oleh distorsi gelombang arus yang lebih lanjut menyebabkan distorsi gelombang tegangan. Kita juga dapat mengatakan harmonik adalah terdapatnya  arus / tegangan non sinusoidal di dalam suatu jaringan listrik  sinusoidal yang normal. Jadi harmonik menyebabkan cacat / distorsi gelombang sinus pada arus dan tegangan.

 Harmonik disebabkan karena adanya beban “NON LINEAR” yang menarik ARUS NON SINUSOIDAL dari suatu sumber tegangan sinusoidal sehingga menghasilkan bentuk gelombang arus yang tidak seperti sumber tegangannya. Selain itu harmonik dapat pula disebabkan oleh penggunaan peralatan yang memiliki kondisi saturasi (ferromagnetic devices) , peralatan perangkat daya (power electronics), dan arching devices.

Cara / Solusi Mengatasi Harmonik

  • Penggunaan detune reaktor
  • Memisahkan jalur line power antara peralatan penghasil harmonik dengan peralatan yang sensitif
  • LCL Harmonic Filtering (Passive Filter)
  • Active Filter Harmonic